Sabtu, 02 September 2023

My Father My Heroes

Fenomena fatherless yang ramai diperbincangkan di sosial media menjadi perhatian besar semua kalangan tak terkecuali praktisi pendidikan.  Fatherless sendiri adalah kondisi dimana tidak hadirnya sosok ayah dalam tumbuh kembang anak.  Inilah yang menjadi dasar utama SD Muhammadiyah Bantul Kota dalam agenda rutin selapanan pengajian Ahad Pahing tangal 3 September 2023 mengangkat tema “Ayahku Pahlawanku” dalam tema pengajian tersebut. 

Dalam pengajian tersebut sebagai pembicara Dr. Mhd. Lailan Arqam. M. Pd. Beliau menuturkan bahwa dalam hadis Rasulullah Saw bersabda “Tidak ada pemberian seorang ayah untuk anaknya yang lebih utama dari pada pendidikan tata krama yang baik. “ (HR. Tirmidzi)

Beliau juga menuturkan dalam kitab tuhfatul maudud bi ahkamil maulud karya imam ibnu qayyim al jauziyah, berapa banyak anak sengsara di dunia dan di akhirat akibat kelalaian orang tuanya sendiri karena orang tua tidak melindungi dan mendidik dengan baik, justru malah menuruti hawa nafsunya. Orang tua mengira bahwa dengan membiarkan anak mengikuti nafsunya, mereka telah memuliakannya, tetapi sebaliknya mereka telah membuat hina.

            Beliau juga menuturkan terlebih di era digital seperti sekarang, setiap anak dalam setiap fase A – C dalam kurikulum merdeka pastinya sudah mengenal berbagi platform social media dari whats app hingga youtube. Kondisi inilah yang harus disikapi orang tua secara bijak, kehadiran ayah dan ibunya menjadi penting dalam masa tumbuh kembang anak. Keduanya menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam mendidik dan mejadi teladan terutama dalam pendidikan.

            Beliau menuturkan orang tua terkhusus seorang ayah harus senantiasa belajar memperbaharui ilmu tentang keluarga dalam meghadapi tantangan dan tuntutan perkembangan zaman. Masih dalam penuturan beliau seorang ayah harus terlibat aktif dalam kegiatan sekolah putra-putrinya, serta yang tidak boleh dilupakan doa ayah atau bunda dalam setiap momen waktu mustajab agar senantiasa berdoa untuk kebaikan putra-putrinya di dunia maupun di akhirat. Ayahku adalah Pahlawanku yang akan senantiasa mencurahkan tenaga, pikiran dan doa bagi kebahagian putra-putrinya. 

Materi:

Dapat di download di : Ayahku Pahlawanku

Dokumentasi:














SD Muh Bantul Kota

Author & Editor

SD Muhammadiyah dengan motto Sekolah Para Juara.

0 comments:

Posting Komentar