Sekolah Para Juara

Membiasakan anak Sholat Subuh

  

 


Oleh : Hariyani, S.Pd

Kenapa sholat subuh ? karena sholat inilah yang masih sering anak-anak lewatkan ketika ditanya Bapak Ibu Guru di kelas. Ketika ditanya mereka beralasan karena kesiangan bangun. Jangankan untuk anak-anak orang dewasapun jika tidak terbiasa akan kesulitan sholat subuh tepat waktu. Nah bagaimana caranya agar anak mudah bangun ketika subuh ?.

Pertama buat kesepakatan dengan anak. Beri pengertian bahwa sholat harus dilaksanakan tepat waktu. Sejak umur 7 tahun anak harus sudah diperintahkan untuk sholat seperti sabda Rosul

Kedua biasakan anak tidur lebih awal. Sehabis isya maksimal jam 8 anak harus sudah tidur. Bagaimana kalau banyak pr ? bisa disiasati mengerjakan pr di sore hari atau sehabis magrib setelah tadarus. Bila kedua waktu tersebut masih padat kegiatan bisa dikerjakan setelah sholat subuh.

Ketiga hilangkan suasana nyaman. Misalkan anak biasa tidur dalam keadaan lampu mati, nyalakan lampunya sebelum membangunkan anak. Bisa juga dengan melepaskan selimut, guling atau apa saja yang membuat anak jadi betah tidur.

Keempat  bangunkan dengan lembut. Datangi anak, usap lembut kepalanya dan bisikkan kata-kata motivasi di telinganya. Nak, sudah adzan yuuk sholat subuh.

Kelima dan yang palng penting adalah jadilah contoh. Harus ada komitmen antara ayah dan bunda. Sebelum membangunkan anak pastikan ayah bunda juga sudah siap untuk sholat subuh. Bila anak laki-laki ayah bisa mengajak jamaah ke masjid terdekat. Anak perempuan bisa jamaah bersama bunda di rumah.

In syaa Allah dengan terbiasa sholat subuh ananda akan mudah untuk mengerjakan sholat yang lain. Barakallohufiikum. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar