Sekolah Para Juara

TETAP SEHAT DAN BUGAR SELAMA BULAN RAMADHAN


Oleh : Farida Zuwanti, S.Pd

Beberapa hari lagi kita memasuki bulan Ramadhan, saatnya umat Islam diseluruh dunia melakukan ibadah puasa. Selain meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan menahan lapar dan haus sekitar 12 jam, berpuasa juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita asal dilakukan dengan cara yang benar dan  sehat. Dengan berpuasa, seseorang bisa mengistirahatkan  kerja organ pencernaan dan menjadi salah satu proses detoksifikasi bagi tubuh

Di bawah ini tips-tips agar tubuh kita tetap sehat  dan bugar saat menjalankan ibadah puasa.

1.    1.  Makan dengan porsi normal

Tidak jarang saat berbuka puasa kita makan banyak baik makanan berat maupun makanan ringan, padahal hal tersebut bisa membuat perut terasa penuh, sakit (kram), bahkan bisa menyebabkan diare. Karena perut kita dipaksa bekerja keras setelah beristirahat seharian. Jadi, supaya perut kita tidak sakit setelah berbuka puasa sebaiknya awali buka puasa dengan makanan yang ringan dan air minum, baru dilanjutkan makan dengan porsi  biasa sebagaimana saat kita makan malam. Sebaiknya kita juga menghindari makanan yang pedas dan asam saat berbuka puasa.

2.       2. Batasi makanan manis

Saat menjalankan puasa tidak jarang gula darah kita akan menjadi lebih tinggi  dari hari hari biasa. Jadi, saat berbuka pusa sebaiknya kita batasi mengonsumsi makanan yang manis agar gula darah kita tidak bertambah tinggi. Selain itu efek terlaku banyak mengonsumsi manis dapat mengakibatkan tubuh kita lemas di siang hari.

3.     3. Memperbanyak minum air putih

Agar tubuh kita tidak mengalami dehidrasi saat puasa, maka kita usahakan untuk memperbanyak minum air putih di malam hari. Gunakan rumus 2 – 2 – 4  yaitu 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas di malam hari. Sebaiknya hindari minum minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan saat sahur karena, hal tersebut bisa memicu timbulnya rasa haus di siang hari.

4.       4. Perbanyak makan buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung banyak serat dan bisa membuat kita merasa kenyang dengan kalori yang sedikit. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan bagi kesehatan tubuh kita untuk menjaga daya tahan tubuh.  Sehingga kita dapat melakukan ibadah puasa dengan lancar.

5.    5Minum vitamin

Agar tubuh kita kuat dan tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa, tidak ada salahnya kita juga minum vitamin agar kekebalan tubuh kita tetap terjaga.

6.       6Lakukan olahraga kecil

Puasa bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan olahraga sama sekali. Lakukan olahraga yang ringan yang bisa membuat tubuh kita sehat tanpa menghabiskan tenaga yang terlalu banyak dan membuat kita lapar. Lakukan olahraga 30 – 90 menit sebelum waktu berbuka, sehingga setelah berolahraga kita bisa langsung mengisi perut dengan makanan dan minuman.

7.    7Tidur yang cukup

Tidur yang cukup sekitar 6 – 8 jam disetiap malam dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kita tidak mudah sakit saat berpuasa.

        Marhaban Ya Ramadhan, semoga kita semua selalu diberi kemudahan, kelancaran, dan kesehatan,  dalam menjalankan Ibadah Puasa.

1 komentar:

  1. Terima kasih Tipsnya, Website dan Tulisan-tulisannya Bagus, tetap berkarya dan cetak generasi masa depan kuat iman, cerdas dan profesional. salam dari alumni 1992.

    BalasHapus