Minggu, 20 Maret 2022

Alhamdulillah…Saatnya berpuasa !!

Oleh : Dewi Cahya Ningrum, S.Pd.

     Bulan ramadhan sebagai bulan  penuh Mutiara hikmah,  sudah dalam hitungan hari.  Sebagai orang tua , kita perlu mengajarkan puasa Ramadhan kepada anak – anak kita, agar terbiasa ketika sudah waktunya. 

       Meskipun  gampang – gampang susah  dalam mengajarkan anak berpuasa, namun melakukan stimulasi sejak dini juga penting dilakukan oleh orangtua untuk membangun karakter positif anak -anak. 

     Beberapa tips untuk mengajarkan anak – anak berpuasa dapat dilakukan sebagai berikut : 

1. Memberikan pemahaman  tentang puasa dan rukun islam

       Untuk mengawali puasa, jauh hari sebelum melaksanakan puasa Ramadhan ,  Orang tua dapat memberikan penjelasan tentang puasa, sesuai dengan usia anak. Misalnya dengan memberikan penjelasan mengenai rukun islam. 

     Dari Abu Abdirrahman bin Umar bin Khatthab radhiyallahu ‘anhuma beliau berkata :“Aku mendengar Rasulullah saw bersabda: “Islam dibangun di atas lima perkara, yaitu: Syahadat bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, puasa Ramadhan, dan berhaji ke Baitullah al Haram”.

      Penjelasan tentang arti puasa, hikmah dan manfaat puasa dapat mendorong anak anak untuk  lebih bersemangat  dalam berpuasa.

2. Memberitahu tentang keutamaan berpuasa dan larangan berpuasa

   Bagi seorang anak, menahan hawa nafsu untuk makan dan minum mungkin adalah hal yang sulit. Akan tetapi, kita sebagai orang tua  dapat menjelaskan tentang keutamaan berpuasa, sebagaimana Al-Qur’an menjelaskan tentang hal itu.

      Sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 183: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa”.

   Orang yang berpuasa juga melatih dirinya untuk semakin dekat dengan Allah dan mendapatkan pahala dariNya.

   Orang tua juga perlu menjelaskan tentang larangan berpuasa sesuai dengan pemahaman anak. Misalnya menahan diri tidak makan dan minum, tidak boleh berbohong, dan menahan amarah.

3. Membangunkan saat sahur  dan memberikan menu  buka – sahur yang disukai anak

     Anak – anak dapat dibangunkan dengan suasana yang menyenangkan, penuh kelembutan dan kasih sayang, kemudian bersama – sama keluarga makan sahur  dengan makanan favoritnya , agar anak merasa senang dan semangat dalam berpuasa. Selain itu, orang tua perlu mengatur waktu isitrahat yang cukup untuk anak – anak. Begitu juga ketika berbuka puasa, dapat menyediakan makanan yang disukainya. 

4. Memberikan  contoh atau teladan yang Baik

    Agar anak – anak  dapat berpuasa dengan baik, perlu adanya keteladanan  dari orang tua . Misalnya menahan amarah saat berpuasa.  Selain itu, Orang tua juga dapat memberikan penghargaan , apresiasi kepada anak , agar  lebih bersemangat dalam berpuasa. 

     Bismillah… Semoga kita diberi kekuatan ,  keringanan dalam menjalankan ibadah shaum Ramadhan dan dapat beribadah secara maksimal.   Aamiin…

SD Muh Bantul Kota

Author & Editor

SD Muhammadiyah dengan motto Sekolah Para Juara.

0 comments:

Posting Komentar