Sekolah Para Juara

CAMPING…SIAPA TAKUT!!

Oleh : Saiful Mujab, S.Pd.

Di masa pandemik seperti saat ini banyak dari kita yang mengalami kejenuhan, mulai dari lingkungan keluarga sampai lingkungan masyarakat. Hampir semua aktivitas dibatasi sehinga membuat kita semakin stres. Untuk itu kita harus bisa kreatif agar kejenuhan itu bisa hilang, salah satunya adalah melakukan camping atau berkemah. Berkemah bisa dilakukan dengan keluarga atau teman.

Sebelum melakukan perkemahan kita perlu mempersiapkan hal-hal yang diperlukan saat berkemah, seperti tenda, peralatan memasak, bahan makanan dan lain-lain. Selain itu kita juga perlu menetukan tempat yang akan kita gunakan untuk berkemah bisa di sekitar rumah, di pantai, di hutan, atau di pegunungan. Sebelum melakukan perkemahan, diperlukan persiapan yang matang untuk menyusun aktivitas yang akan dilakukan agar kegiatannya lebih seru dan menarik. Salah satu contohnya adalah, outbond, api unggun, jelajah alam dan lain sebagainya.

Kegiatan berkemah juga perlu kita kenalkan pada anak-anak kita sejak masih usia dini karena dari kegiatan tersebut anak-anak akan mendapatkan pelajaran yang sangat berharga, apalagi saat anak-anak sudah bersekolah maka biasanya di sekolah mereka akan mengikuti kegiatan perkemahan bersama teman-temannya yang dikemas dalam kegiatan Hizbul wathan atau Pramuka. Seperti di SD Muhammadiyah Bantul Kota biasnya diadakan kegiatan Perkemahan Sabtu-Ahad (Persahad) yang dilakukan setiap tahun yang di ikuti oleh siswa kelas 5, akan tetapi sejak pandemik kegiatan tersebut sementara ditiadakan, mudah-mudahan dengan kondisi yang semakin membaik ini kegiatan perkemahan di SD Muhammadiyah Bantul Kota dapat diaksanakan kembali.

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari kegiatan berkemah diantaranya sebagai berikut:

1.    Untuk refresing atau menghilangkan stres

2.    Melatih keterampilan

3.    Meningkatkan kerjasama

4.    Meningkatkan kewaspadaan

5.    Lebih bertanggung jawab 

6. Melatih kepedulian untuk menjaga alam

Selain manfaat tersebut masih banyak manfaat-manfaat yang lain. Apakah anda masih takut untuk melakukan kegiatan camping? Bagi anda yang belum pernah merasakan yang namanya camping, beranikan diri untuk mencobanya karena itu akan memberikan pengalaman baru yang menyenangkan. Tentu akan ada suka dan dukanya. Namun itu akan memberikan anda banyak pelajaran serta hal baru yang mungkin belum pernah anda rasakan sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar