Senin, 28 Februari 2022

IKHTIAR MENJAGA HIDUP SEHAT DI SAAT PANDEMI VARIAN OMICRON

 

Oleh: Rifki Herman Nur Rahmat, S.Pd.Kor

Pandemi masih belum berakhir. Bahkan, saat ini masyarakat digemparkan dengan varian baru yaitu Omicron. Varian Omicron kurang lebih sama seperti virus corona biasa, gejala yang ditimbulkan seperti terserang flu, sakit tenggorokan, batuk, merasa kedinginan, dan mudah lelah. Kondisi kesehatan masyarakat  saat ini banyak yang mengalami sakit dengan kondisi seperti gejala-gejala terkena virus covid 19. Bahkan, lagi viralnya ada yang mengatakan bulan gregesi.  Untuk melindungi diri dari virus tersebut penting untuk menerapakan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan virus ini. Disamping itu sangat dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut tips usaha yang dapat kita lakukan agar hidup kita tetap sehat disaat varian Omicron merajalela:

1.    Istirahat Cukup

Tidur malam yang cukup akan membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi usahakan untuk tidur cukup dan tidak begadang (minimal 8 jam setiap malam). Selain cukup istirahat pastikan tubuh tidak dalam dehidrasi atau konsumsi air putih secara teratur dalam jumlah yang cukup.

2.    Makanan Bergizi

Di masa pandemi ada baiknya kita lebih memperhatikan pola makan yang kita konsumsi, berusaha untuk makan-makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA). Memperbanyak sayur dan buah-buahan berusaha untuh menghindari makanan yang banyak mengandung minyak. Hal ini penting sebab nutrisi seperti serat, vitamin yang terkandung di dalamnya dapat membuat daya tahan tubuh kita lebih kuat sehingga tidak mudah terserang virus maupun penyakit. Usahakan untuk makan teratur dan tidak melewatkan jam makan apalagi sarapan.

3.    Berolahraga

Olahraga atau aktivitas fisik merupakan hal yang sangat penting disaat pandemi gelombang tiga ini. Sempatkan minimal 30 menit/hari untuk aktivitas olahraga yang ringan. Aktivitas olahraga dapat mendukung imun dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus maupun penyakit.

Beberapa hasil penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga atau aktivitas fisik dapat mencegah terjadinya gangguan mental yang dialami oleh orang sedang menerapkan karantina dan isolasi. Berolahraga juga dapat menghindarkan seseorang dari penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi, penyakit yang kemungkinan besar menjadi penyakit bawaan atau penyerta virus Covid 19 dan Omicron.

4.    Jaga Higienitas

Pastikan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara berkala seperti setelah aktivitas, sebelum dan sesudah makan, setelah dari toilet dan jika tangan kotor. Jika batuk atau bersin tutupi hidung dan mulut dengan tisu. Setelahnya segera buang tisu ke tempat sampah dan mencuci tangan sampai bersih.

5.    Hindari Kecemasan  dan Berfikir Positif

Pandemi ini kerap kali membuat banyak orang bingung, cemas, stres, hingga frustasi. Menurut Prof. Karestan Koenen, Ph.D., bahwa stres menghadapi pandemi dalam jangka panjang dapat memicu gangguan stres. Ternyata virus akan sulit menyerang apabila tubuh memiliki imunitas humoral. Imunitas humoral merupakan kekebalan yang dihasilkan dari aktivitas unsur dalam darah dan jaringan seperti anti bodi. Hal tersebut akan baik apabila didukung denga aktivitas yang baik seperti berfikir positif. Berfikir positif akan memancing keluarnya hormon yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

SD Muh Bantul Kota

Author & Editor

SD Muhammadiyah dengan motto Sekolah Para Juara.

0 comments:

Posting Komentar