Minggu, 09 Januari 2022

“Nyamuk Tapi Bersahabat”

 


Oleh : Denny Fatria Widyayanti, S.Pd.

Masa sih ada nyamuk seperti itu ? Baik banget. Nah pasti penasaran dengan nyamuk yang satu ini. Nyamuk tersebut adalah “NYAMUK WOLBACHIA” Nyamuk Wolbachia dikembangkan untuk mengendalikan nyamuk  Aedes aegypti yang menyebabkan DBD. Kabupaten Bantul merupakan salah satu kabupaten yang menggunakan nyamuk Wolbachia untuk mengendalikan nyamuk aedes aegypti. Dinas kesehatan kabupaten Bantul sudah melakukan uji coba dengan memelihara nyamuk Aedes aegypti yang berwolbachia.

Mari kita mengenal apa itu Wolbachia ? Wolbachia adalah sejenis bakteri yang ada pada sel tubuh serangga dan ditemukan di beberapa serangga seperti ngengat, lalat buah, kumbang hingga nyamuk. Namun, bakteri tersebut tidak ada pada nyamuk Aedes aegypti. Wolbachia ini sangat aman bagi manusaia, hewan dan tidak menyebabkan mutasi virus DBD.

Cara memasukkan Wolbachia pada nyamuk Aedes aegypti yaitu dengan Mikroinjeksi dan transfer Wolbachia ke generasi selanjutnya. Terdapat tiga skenario dalam melakukan transfer Wolbachia ke generasi selanjutnya yaitu: 1) Jika nyamuk jantan yang ber-Wolbachia dan dilepaskan keluar ke alam terbuka sehingga nantinya nyamuk jantan kawin dengan nyamuk betina liar, maka nyamuk betina tersebut tetap bertelur tetapi tidak dapat menetas; 2) Skenario kedua yaitu jika nyamuk jantan ber-Wolbachia akan kawin dengan nyamuk betina ber-Wolbachia maka akan memproduksi telur dan anak – anak nyamuk tersebut tidak dapat menularkan dengue lagi; dan 3) Skenario ketiga yaitu jika nyamuk betina yang ber-Wolbachia dilepaskan dan kawin dengan nyamuk jantan liar maka telur yang dihasilkan adalah anak – anak nyamuk yang tidak memiliki virus dengue.

Besar harapan agar virus DBD menurun dengan cepat.  Meskipun sudah ada penanggulangan DBD secara baik, namun masyarkat tetap melaksanakan 3M yaitu mengubur, menguras dan menutup tempat penampungan air dan tetap menjalakan pola hidup bersih dan sehat.

 

Sumber :

http://www.eliminatedengue.com/yogyakarta/berita/view/news/637/pg/5/type/news

https://iap2.or.id/ternak-nyamuk-aedes-aegypti-ber-wolbachia-dalam-menghadapi-demam-berdarah-dengue-di-indonesia/

Buku Saku Program wow mantul Wolbachia wis masuk Bantul. FKKMK UGM. 2021 

 

SD Muh Bantul Kota

Author & Editor

SD Muhammadiyah dengan motto Sekolah Para Juara.

1 comments: