Sekolah Para Juara

Menciptakan Peluang Usaha pada Masa Pandemi

     

                  Oleh : Hajar Setyani, S.Pd

        Assalamualaikumwrwb, alhamdulillah marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan beribu ribu nikmat kepada kita semua. Tidak lupa marilah sholawat dan salam selalu kita panjatkan semoga tetap tercurah pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW,beserta keluarga dan sahabat sahabat beliau yang selalu kita nanti natikan syafaatnya di zaumul akhir nanti,aamiin.

            Bapak Ibu dan seluruh pembaca yang kami hormati sudah hampir dua tahun kita berada pada masa pandemi (covid-19). Alhamdulillah kita sampai sekarang masih dapat menikmati berbagai hal yang diberikan Allah SWT, semoga kita dapat menikmatinya dengan rasa syukur dan sabar.

            Bapak ibu semua, masa pandemi yang sedang kita alami adalah masa masa sulit bagi siapa saja. Akibat adanya pandemi covid-19 ini dapat berdampak pada berbagai sektor , seperti pendidikan,ekonomi,ketenagakerjaan , perdagangan, pariwisata dan masih banyak lagi sektor yang mengalami keterpurukan. Keterpurukan ini menimpa baik kalangan atas maupun menengah dan ke bawah.

            Oleh karena itu ,adanya pandemi covid-19 ini menjadikan munculnya sikap dan sifat baru dalam setiap kalangan masyarakat, bahkan pola hidup mereka juga berubah. Dari berbagai sektor juga terjadi perubahan perubahan karena akibat yang ditimbulkan adanya pandemi covid-19 ini. Sebagai contohnya pada sektor pendidikan , proses pendidikan tidak bisa berjalan lancar dan harus berganti menggunakan metode metode dalam penyampaian materi pembelajaran ke peserta didik.

            Selain itu juga karena banyak tenaga kerja yang dirumahkan dalam berbagai sektor , menyebabkan tingkat ekonomi masyarakat semakin terpuruk. Hal tersebut juga menyebabkan berkurangnya daya beli masyarakat terhadap berbagai kebutuhan . Bapak ibu semua, karena keterpurukan inilah yang menyebabkan mereka bangkit untuk dapat mencukupi kebutuhan hidup mereka.

            Salah satu upaya yang mereka lakukan adalah menciptakan peluang usaha baru agar dapat menopang kebutuhan hidup mereka,dengan berwirausaha. Sebagai contohnya mereka mulai menerima pesanan pesanan berbagai jenis makanan sesuai dengan keahlian mereka. Ada juga yang mencoba membuka usaha pembibitan tanaman sayuran dan buah buahan, budidaya tanamanhias, menciptakan berbagai produk home industri, barang kerajinan, dan bahkan ada yang membuka tenaga jasa pengiriman barang, serta bisnis online.

            Bapak ibu marilah kita sikapi masa pandemi ini dengan sikap yang bijaksana , agar kita dapat mengambil pelajaran dan hikmahnya dari adanya pandemi covid-19 sekarang. Marilah kita isi kehidupan kita ini dengan kegiatan kegiatan yang positif , dan selalu bersyukur . Semangat untuk semuanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar