Sabtu, 07 Oktober 2023

Pengajian Rutin SD Muhammadiyah Bantul Kota dengan tema Mentadaburi Falsafah Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan

Hari ini, pengajian rutin di SD Muhammadiyah Bantul Kota diadakan dengan tema "Mentadaburi Falsafah Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan". Acara ini dihadiri oleh Ustad Dr. H. M. Ikhwan Ahada, S.Ag., M.A., yang  memberikan ceramah dan berbagi pengetahuan tentang falsafah pendidikan yang diperjuangkan oleh K.H. Ahmad Dahlan.

Tiga pilar peninggalan K.H. Ahmad Dahlan adalah feeding( santunan dan pemberdayaan); Schooling (Pendidikan); healing ( kesehatan).

Indikator kualitas iman yang baik dalam aspek feeding adalah ketika tetangga tidak ada yang kelaparan, artinya ada ketercukupan kebutuhan untuk semua lapisan masyarakat. Kualitas iman dalam aspek schooling mempunyai ciri semua anak dari beragam lapisan masyarakat memperoleh pendidikan yang baik dengan penanaman nilai-nilai Islam. Kualitas Iman dalam aspek healing, semua lapisan masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan yang sama, maka dalam institusi kesehatan Muhammadiyah (PKU) mempunyai prinsip dahulukan pelayanan tanpa melihat terlebih dahulu status atau golongannya

 Falsafah pendidikan K.H. Ahmad Dahlan diantaranya

1. Dzikir.

2. Fikir.

3. Ukir.

4. Berani menyatakan kebenaran apa adanya.

5. Berani berkorban untuk orang banyak.

6. Jangan sombong


Kesimpulan pada pengajian ini, mari memahami dan merenungkan nilai-nilai pendidikan yang diusung oleh K.H. Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah. Falsafah pendidikan beliau didasarkan pada prinsip-prinsip Islam yang mengutamakan pembinaan karakter, ilmu pengetahuan, dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini meliputi pendidikan akhlak, pembinaan kecerdasan intelektual, pengembangan keterampilan, serta penerapan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari.

"Bapak/Ibu sudah tepat menyekolahkan putra-putrinya di SD muhammadiyah Bantul Kota untuk memperdalam pemahaman mereka tentang pendidikan Islam dan mengaplikasikannya dalam konteks modern karena SD Muhammadiyah Bantul Kota telah mendukung pendidikan yang bermutu dan berlandaskan nilai-nilai Islam di SD Muhammadiyah Bantul Kota.". Tegas Ustad Dr. H. M. Ikhwan Ahada, S.Ag., M.A.

Dokumentasi :

Saksikan kembali di : https://www.youtube.com/live/bRYQfnPaKxw?si=V5NU06_zd787lFLw










SD Muh Bantul Kota

Author & Editor

SD Muhammadiyah dengan motto Sekolah Para Juara.

0 comments:

Posting Komentar