Sabtu, 22 April 2023

Menjaga Semangat Ramadhan di Sepanjang Usia



Ramadhan memang istimewa, seperti halnya Yogyakarta selalu istimewa bagi pengunjung yang pernah berkunjung kesana. Hadirnya Ramadhan selalu dirindu dan dinanti jutaan Muslim di dunia. Ramadhan merupakan salah satu tanda kasih sayang Allah T’ala kepada hamba-hambaNya. Allah Ta’ala mengetahui bahwa tidak ada satu pun manusia yang sempurna. Manusia adalah tempat salah dan lupa. Karena itu, Allah sediakan waktu-waktu khusus sebagai kesempatan bagi seorang Muslim untuk menghapus dosa-dosa, sekaligus meningkatkan kedelatan hubungan dengan sang Khaliq ( Pencipta Semesta Alam). 

Sebagai seorang Muslim, yang menyadari akan kelemahan diri, Ramadhan adalah momentum terbaik untuk mebersihkan diri dari dosa-dosa. Serta meningkatkan kualitas dihadapan Allah Ta’ala. Belajar dari ulama terdahulu dikatakan oleh Imam Mu’alla bin Al Fadhil rahimahullah, ‘Dahulu para ulama senantiasa berdoa kepada Allah Ta’ala selama enam bulan agar dipertemukan dengan Ramadhan, kemudian mereka juga berdoa selama enam bulan agar diterima amal ibadah mereka selama Ramadhan.”

Maka, ketika Ramadhan datang, seorang Muslim sejati tidak akan menyia-nyiakan kehadiran tamu istimewa tersebut. Hal ini yang menjadikan motivasi bagi kepala sekolah dan segenap guru SD Muhammadiyah Bantul Kota dengan slogan “Sekolah Para Juara” berikhtiar terbaik menghadirkan Ramadhan bermakna bagi seluruh keluarga besar SD Muhammadiyah Bantul Kota. Bebarapa program Ramadhan “ceria” 1444 H yang telah dihadirkan oleh segenap tim GPAI SD Muhammadiyah , antara lain:

1) Pengajian Songsong Ramadhan terlaksana tanggal 12 Maret 202, dengan peserta keluarga besar SD Muhammadiyah Bantul Kota menghadirkan pembicara Ustadzah Mimi Rahmasari, Lc dengan tema  Rahasia Ibadah Puasa, “Puasa Berbuah Takwa”

2) Pawai Songsong Ramadhan terlaksana tanggal 21 Maret 2023, dengan peserta seluruh Siswa SD Muhammadiyah Bantul Kota berserta Guru dan Karyawan SD Muhammadiyah Bantul Kota dengan rute area sekitar sekolah.

3) Mubata Berbagi terlaksana tanggal 21 Maret 202, dengan sasaran warga sekitar SD Muhammadiyah Bantul Kota. Berbagi bagi sesame memupuk rasa kepedulian social bagi keluarga besar SD Muhammadiyah Bantul Kota untuk sesama dengan tema “Indahnya Berbagi”

4) Festival Ramadhan Mubata terlaksana tanggal 8 April 2023, dengan persrta seluruh Siswa SD Muhammadiyah Bantul Kota dari kelas 1 -5, menghadirkan beberapa lomba dalam rangka meningkatkan kompetensi Siswa SD Muhammadiyah Bantul Kota khususnya di berbagai bidang seperti, tartil , tahfidz juz 30, menyanyi religi, adzan dan iqomah dan menjadi dai cilik. 

5) Mubata Berdakwah terlaksana mulai tanggal 3 – 12 April 2023, dengan menampilkan berbagai kolaborasi syiar Islam dengan menghadirkan Siswa SD Muhammadiyah Bantul Kota yang disiarkan secara live melalui chanel Youtube SD Mubata. 

6) Pengumpulan dan distribusi zakat fitrah mulai dari tanggal 3 – 12 April 2023, melatih siswa untuk melakukan salah satu dari rukun Islam yakni kewajiban membayar zakat. 

Program.  Ramadhan ceria yang dihadirkan dalam rangka menjadikan Ramadhan “bermakna” bagi segenap kelaurga besar SD Muhammadiyah Bantul Kota.

Sudah merupakan sunatullah, bahwa setiap pertemuan ada perpisahan. Ramadhan istimewa yang kedatangannya selalu dirindu kini telah berpisah. Tapi yang perlu kita sadari bersama jiwa kita yang telah fitri sejak hilal syawal terbit, menjadikan kita tetap berkewajiban untuk menjaga semangat Ramadhan hingga sepanjang usia. Seperti perkataan Imam Asy-Syalabi jadilah “Kun Rabbaniyyun walaa Takun Ramadhaniyyun”. Kurang lebih maknanya jadilah hamba yang selalu ingat kepada Allah Ta’ala kapan saja, dan janganlah  menjadi hamba yang ingat dengan hak Allah Ta’ala ketika hanya bulan Ramadhan. Teriring doa bagi kita semua “Taqabbalallahu minna waminkum, wakullu ‘aamin wa antum bikhairin. Semoga Allah Swt menerima semua amal ibadak kita di bulan Ramadhan dan senantiasa Allah Swt memberikan kita keistiqomahan. Aaamiin Ya Rabbal A’lamiin.(Red:AR) 

SD Muh Bantul Kota

Author & Editor

SD Muhammadiyah dengan motto Sekolah Para Juara.

0 comments:

Posting Komentar