Minggu, 14 Agustus 2022

Pengajian rutin, Menjadi Ahlul Qur’an Sekeluarga

   

   SD Muhammadiyah Bantul Kota secara rutin menggelar pengajian bulanan bagi guru, karyawan, dan wali siswa. Pada hari Ahad, 14 Agustus 2022 sekolah kembali menggelar kegiatan ini. Pembukaan dilakukan dengan melantunkan ayat suci Al-quran yang dibawakan oleh ananda Nadine Faiha Maheswari siswa kelas 1B. 
  Kepala sekolah SD Muhammadiyah Bantul Kota, Bapak Andika Dwi Cahyanto, S.Pd menyampaikan “pengajian rutin ini merupakan petemuan pertama yang secara ofline setelah hampir tiga tahun terlaksana melalui jaringan maya atau online. Sehingga yang hadir pada kesempatan hari ini belum maksimal yang datang, InsyaAllah semoga pertemuan-pertemuan selanjutnya Bapak/Ibu Guru, Karyawan dan Bapak/Ibu Wali Murid seluruhnya bisa hadir dan mendapatkan manfaat dalam pertemuan ini”.
    Kegiatan pembinaan dilanjutkan dengan acara pengajian yang diisi oleh Ustad Dr. H. Nur Kholis, S.Ag., M.Ag. Beliau menyampaikan materi "Menjadi Ahlul Quran Sekeluarga”. Beliau menyampaikan "bahwa di dalam Al-Qur'an terdapat surat urutan pertama yakni surat Al Fatihah di surat yang sering dibaca minimal 17 kali di dalam terdapat doa meminta petunjuk jalan lurus". Dilanjutkan surat Al Baqarah ayat ke 2 tentang Al-Qur'an petunjuk yang tidak ada keraguan di dalamnya. Tetapi sering kali kita lupa dan abai. Diterangkan di dalam firman Allah Ta'ala surat Al Furqan ayat 30 menerangkan Rasul berkata banyak kaumku yang mengabaikan Al-Qur'an. Dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan maksud abai disini, antara lain abai membacanya , abai memahaminya, dan abai mengamalkannya. Beliau juga menyampaikan di dalam hadis Rasulullah di jelaskan bahwa Allah mempunyai keluarga di antara manusia, " Siapa mereka ya Rasulullah? " "Para Ahli Qur'an". "Beliau menjelaskan diantara tingkatan para ahli Qur'an , di antaranya ahli dalam membaca Al-Qur'an , ahli dalam menghafal Al-Qur'an, tingkatan yang paling tinggi *hamilul Qur'ani* selain membaca , menghafal juga mengamalkannya. Kajian ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh ust Dr. Nur Kholis , S. Ag, M.Ag agar keluar besar SD Muhammadiyah Bantul Kota di beri kekuatan & kemudahan menjadi *hamilul Qur'an*. aamiin ya Rabbal 'aalamiin.

SD Muh Bantul Kota

Author & Editor

SD Muhammadiyah dengan motto Sekolah Para Juara.

0 comments:

Posting Komentar